Berbagai Penyebab Gangguan pada Otot yang Perlu Diwaspadai

Gangguan otot bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ini karena otot merupakan bagian penting dari sistem pergerakan tubuh yang memungkinkan kita bergerak dan bergerak. Karena itu, mari kita kenali berbagai penyebab penyakit otot sehingga Anda bisa mengatasinya.

Gangguan otot ini memiliki sejumlah gejala yang mudah dikenali. Beberapa kondisi otot cukup ringan dan dapat diobati dengan mudah, tetapi ada beberapa kondisi yang perlu Anda waspadai dan tidak dapat diremehkan.

Berbagai penyebab gangguan otot yang harus diwaspadai – Alodocter

Beberapa penyebab gangguan otot yang perlu Anda ketahui
Gangguan pada otot terkecil tentunya dapat berdampak dan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Karena itu, tentukan penyebab penyakit otot berikut:

1. Terkilir
Terkilir adalah salah satu penyebab paling umum penyakit otot, terutama ketika melatih dan melakukan aktivitas berat. Kondisi ini dapat terjadi ketika otot mengalami traksi atau torsi, baik secara tiba-tiba maupun lambat.

Terkadang keseleo sering terjadi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala nyeri, bengkak dan kesulitan bergerak. Penanganan tergantung pada tingkat keparahannya, salah satu perawatan awal yang biasanya dilakukan adalah BERAS (istirahat, kompresi es dan tinggi badan).

Anda dapat melakukan BERAS dengan mengistirahatkan anggota tubuh yang terkilir, kemudian menerapkan kompres dingin dan menempatkannya lebih tinggi, misalnya dengan mendukung anggota badan dengan tumpukan dengan beberapa bantal.

2. Atrofi otot
Atrofi otot adalah keadaan berkurangnya massa otot. Ini biasanya disebabkan oleh cedera atau adanya penyakit, sehingga bagian tubuh tertentu tidak dapat digerakkan cukup lama.

Dalam banyak kasus, atrofi otot biasanya pulih setelah kombinasi perawatan mulai dari diet, olahraga dan terapi fisik intensif.

3. Distrofi otot
Muscular dystrophy (MD) adalah suatu bentuk kelainan otot yang ditandai dengan kelemahan otot secara bertahap. Kondisi ini biasanya ditularkan dari orang tua ke anak.

Sejauh ini, tidak ada obat dan perawatan yang ditemukan untuk menyembuhkan distrofi otot. Namun, ada terapi dan perawatan yang dapat membantu meringankan gejala dan gejala penyakit, cacat fisik, dan masalah yang mungkin berkembang.