Cara Mengatasi Anak yang Muntah

Anak Anda sering mual dan muntah? Hati-hati! Jangan asal memberikan obat-obatan yang dijual bebas. Sebelum menggunakan obat muntah anak yang dijual bebas, gunakan saja cara alami untuk menyembuhkan mual dan muntah anak. Apa sajakah tipsnya?

Penyebab Anak Muntah

Penyebab muntah yang paling umum pada anak-anak adalah infeksi virus dan keracunan makanan. Namun, muntah juga bisa disebabkan oleh:

  1. Mabuk berat
  2. Batuk
  3. Demam tinggi
  4. Makan berlebihan

Pada bayi yang sangat muda, usus yang tersumbat juga dapat menyebabkan muntah terus-menerus. Usus dapat tersumbat oleh penebalan otot abnormal, hernia, batu empedu, atau tumor. Jika hal tersebut terjadi pada anak Anda, maka Anda harus periksakan bayi Anda segera.

Tips Mengatasi Anak yang Muntah

Cairan pengganti dehidrasi sangat penting untuk diminum anak agar tidak lemas setelah mengeluarkan makanan yang ada di dalam perut. Nah, untuk anak yang tidak selalu ingin minum cairan, ada cara kreatif untuk membantu mereka mengonsumsi cairan yakni :

  1. Buat es dari larutan rehidrasi oral atau minuman yang mengandung elektrolit.
  2. Berikan gelatin anak sebagai alternatif cairan. Mereka mungkin menoleransi lebih baik atau lebih mungkin memakannya.
  3. Encerkan jus buah dengan air. Pengenceran mengurangi jumlah gula dalam jus yang dapat memperburuk diare yang terkadang menyertai muntah.

Berikan anak cairan rehidrasi 30 hingga 60 menit setelah makanan dimuntahkan untuk mengurangi kemungkinan anak akan segera muntah lagi. Mulailah memberikan minuman rehidrasi dengan jumlah kecil untuk memastikan anak akan mentolerirnya.

Berikan makanan hambar kepada anak yang belum dimuntahkan selama sekitar 8 jam dan teruskan dengan minum cairan. Contoh makanan hambar adalah nasi dengan kerupuk, roti panggang, sup hambar, pisang, dan kentang tumbuk. Makanan ini bisa membantu mengisi dan mengendurkan perut.

Jangan gunakan anak terutama jika masih bayi obat-obatan yang bebas dijual di pasaran karena bisa jadi itu tidak cocok untuk tubuh bayi. Anda harus menjaga apa saja yang dikonsumsi sang bayi. Apa saja yang makanan yang bagus dikonsumsi untuk anak? Cari tahu jawabannya di https://www.guesehat.com/apa-saja-makanan-yang-memengaruhi-kecerdasan-bayi