Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Google Play Store adalah program yang sangat penting dan tidak dapat dirilis untuk pengguna ponsel pintar Android. Dengan Google Play Store kita dapat mengunduh berbagai aplikasi dan permainan favorit. Apakah itu gratis atau berbayar. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, ini tidak berarti bahwa aplikasi ini bebas masalah. Masalahnya adalah ketika kita mengunduh aplikasi, pesan “Unduhan tertunda” muncul, yang kadang-kadang ditemukan di Google Play Store. Ini tentu akan sangat mengganggu. Itu tidak memungkinkan aplikasi Play Store untuk mengunduh dan terus mengunduh dan tidak dapat mengunduh aplikasi atau game baru yang Anda inginkan. Bingung bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas bagaimana unduhan yang tertunda dapat diproses di Google Play Store.

Cara mudah untuk mengatasi unduhan yang tertunda di Google Play Store di Android

1. Ubah pengaturan unduhan dan jangan gunakan WiFi

Alasan pertama untuk unduhan yang tertunda di Google Play Store adalah karena masalah dengan pengaturan yang salah. Jika program yang ingin Anda unduh cukup besar secara default di Google Play, Anda akan diminta untuk mengunduhnya melalui jaringan Wi-Fi. Hasilnya menunjukkan kata “unduhan tertunda” karena ponsel cerdas Anda tidak terhubung ke WiFi. Karena itu, sebelum mengunduh aplikasi, pastikan Anda memilih opsi “Unduh via Wi-Fi saja”. Jadi tidak ada lagi masalah dengan unduhan yang tertunda.

2. Bersihkan cache Google Play Store

Cara kedua untuk menyelesaikan unduhan yang tertunda dari Google Play Store adalah dengan menghapus cache dari Google Play Store. Seperti yang kita ketahui, smartphone Android menggunakan cache sebagai media penyimpanan sementara, yang sering menyebabkan media penyimpanan kita menjadi penuh. Semakin sering kita menggunakan aplikasi seperti Instagram, Twitter, dll, cache semakin dikumpulkan. Jadi ketika kita ingin mengunduh atau menginstal aplikasi dari Google Play Store, ini menyebabkan masalah atau kesalahan. Masalah seperti itu adalah unduhan yang tertunda.

Untuk menghapus cache Google Play Anda di smartphone Android:

  • Buka menu Pengaturan / Pengaturan> pilih Aplikasi> pilih Google Play> pilih Hapus cache
  • Selain itu, Anda juga harus menghapus cache dengan program standar, mis. Manajer file.
  • Buka File Manager> klik ikon swap / swipe untuk menghapus cache> tunggu sampai siap.

3. Menghapus data Google Play Store.

Secara umum, setiap aplikasi yang berjalan di Android tentu menyimpan data. Baik itu tentang pengaturan data, konfigurasi dan lainnya. Karena data terus mengumpulkan, aplikasi terkadang tidak berfungsi dengan baik. Ini juga termasuk dalam aplikasi Google Play Store. Karena itu, sebaiknya hapus data secara teratur dari Google Play. Anda tidak perlu khawatir, karena proses ini sangat aman dengan menghapus data dari Google Play Store, Anda masih dapat menggunakannya seperti biasa.

Untuk menghapus data di Google Play Store, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka menu Pengaturan> Aplikasi> Google Play> pilih Hapus data> Selesai.

4. Unduh dan gunakan versi terbaru dari Google Play Store

Alasan untuk unduhan yang tertunda di Play Store mungkin karena Google Play yang Anda gunakan adalah versi lama. Karena itu lebih baik Anda memperbarui aplikasi Google Play yang Anda gunakan dengan versi terbaru. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Play seperti biasa.

5. Bersihkan penyimpanan internal atau penyimpanan smartphone

Alasan utama atau alasan penundaan pengunduhan di Google Play Store Xiaomi atau Nox dan ponsel cerdas lainnya adalah karena penyimpanan ponsel cerdas Anda penuh. Jadi jika Anda ingin mengunduh aplikasi melalui Google Play, ponsel cerdas tidak lagi dapat memuat data untuk diunduh.

Sumber: https://inettekno.com/